Mittwoch, 4. Januar 2012

Smartphone dan Falsafah Hidup

Hi2, saya mau share sedikit nih tentang judul di atas. Barang yang sekarang sedang amat sangat ngetrend terutama di kalangan pelajar dan masyarakat Indonesia. dan super duper membuat iri.

Kenapa saya menulis tentang ini? Simpel saja, karena mama saya membelikan saya smartphone sebagai kado natal. Barangnya belum nyampe sih sebenarnya. Masih tunggu adik saya datang dulu ke sini. Pas mama saya cerita, saya cuma diam. Ga tau mau seneng apa ga. Cenderung ga seneng sih. Kalau ga salah, kurang lebih reaksinya kayak gini:
"Kurang kerjaan,ngapain kok beli smartphone?" #kurang ajar ya. hehehe

Waktu itu ada Ega di rumah, Ega denger deh otomatis. Saya langsung gak enak, terus bilang makasih sama mami *sudah layak dan sepantasnya*

Seneng sih dibeliin HP baru, canggih pula. Mungkin nyokap udah stress gara-gara nomor saya yang sekarang agak susah dihubungi, atau ga bisa dihubungi sama sekali. Oh ya, saking gak enaknya sama Ega, saya jadi cerita ke dia pas udah selesai skype sama mama:

"Ega, sori ya kalau lw denger gw kayak orang yang ga tau berterima kasih gara-gara dikasih smartphone. Bukannya ga berterima kasih, tapi gw ngerasa kok gw sebenernya ga perlu-perlu amat punya smartphone"

Ega bilang: "yaelah Dit, lw anggap aja itu sebagai tanda cinta bokap nyokap lw buat lw. Jangan protes lah"

Dita lanjutin: "Gw lebih senang dikasih yang lain mungkin, Ga. Itu boros banget ya nyokap beli smart phone sampe 3 sekaligus gitu. Apa-apaan coba. Mendingan ditabung buat hal-hal yang lain"

Ega: "misalnya?"

Dita : "yah kan taun depan mau ke sini, kenapa ga ditabung aja?"

Ega: "yah lw mintanya yang lebih mahal. gelo. hahaha. Itu kan tanda cinta bokap nyokap buat lw, ya mungkin dengan smartphone. terima aja."

Dita: "mmmh yah bukan gitu. gimana ya, Ga? Gw kok yakin nyokap gw beliin gw smartphone gara-gara adik gw minta. Ega, gw punya prinsip: bokap nyokap gw boleh kaya, tapi bukan gw yang kaya. Gw bukan orang yang mau memanfaatkan kekayaan bokap nyokap untuk mendapatkan apa yang gw mau. Bokap gw kaya, karena dia kerja keras, merintis semuanya dari awal. Gw dan adik gw udah selayaknya tau, kayak apa lamanya dan susahnya merintis karier. Gw pengen punya smartphone, tapi kalau gw bisa beli sendiri. Bukan dari uang bokap. Gw selama ini berusaha memberi teladan ke adik gw untuk hidup hemat dan ga perlu beli barang-barang branded. Kalau nyokap gw sekarang beliin smartphone, yah sama aja boong, Ga. Gagal rasanya."

Ega: "Iya Dit, gw juga ngasih contoh kaya gtu ke adik gw.. tapi susah juga ya... Udah lah Dit, disyukur aja smartphonenya. Tanda cinta tuh"

Dita: "Gw ada ketakutan, Ga, kalau sebelum adik gw lulus bokap gw udah musti pensiun dini, gara-gara pabrik ditutup. Menurut gw, kalau cinta, ga perlu beliin barang-barang mahal kaya gtu, gw juga udah tau kok mereka cinta sama gw. Kan bisa beliin yang lain. Lagian menurut gw, kehadiran orang tua gw jauh lebih berharga daripada barang-barang itu."

Saya ga ingin orang tua saya merasa dengan membelikan smartphone maka cukup untuk menghibur saya di negeri orang ini. Ga mungkin lah. Buat gw, antara mereka selalu ada buat gw, walaupun jauh udah lebih dari cukup. Kado yang berarti banget buat saya itu bahwa mereka ada di samping saya. Sejauh ini dukungan untuk saya, telpon, dan skype jauh lebih berarti. Baik. Anggaplah kado smartphone ini sebagai ungkapan galau nyokap yang saya tinggal kelamaan dan akan ditinggal juga sama adik saya. :) #pindah dong mi :p Besok-besok ga perlu ya mi, beliin barang-barang macam itu. Sebenarnya waktu saya ulang tahun bulan Desember kemarin, saya ingin sekali mama, papa datang kasih surprise, ternyata tidak. hahaha. Mami papi udah kaya, dita juga mau belajar jadi kaya. Sama, merintis semuanya dari nol :) ga ada yang instan di dunia ini.

Keine Kommentare: